Jumat, 08 Juli 2011

Bagaimana Mengubah Kegagalan Menjadi Kekuatan

Mengubah Kegagalan Menjadi Kekuatan

Setiap manusia pasti pernah mengalami kegagalan.Tak terkecuali bagi orang sukses.Mereka juga pernah mengalami kegagalan.Bahkan mungkin lebih banyak daripada orang biasa.

Banyak sekali orang menyerah karena kegagalan.Mereka tak kuat untuk bangkit kembali.Dan tahukah Anda,faktor apa yang membuat mereka tak mau bangkit dan mencoba kembali? Mereka takut untuk gagal kembali.Saking takutnya,tidak berani untuk mengambil keputusan lag karena takut gagal lagi.Nah,sebagai orang yang luar biasa,tentunya kita harus bisa mengubah kegagaln tersebut menjadi keberanian kita.

Berikut tips-tips yang dapat Anda praktekkan:

1.Beri Arti berbeda
Kegagalan pasti menyakitkan,tapi ada baiknya kita untuk memberikan arti berbeda dalam kegagalan.Misalnya,ketika kita gagal dalam bisnis resto,kita sudah rugi 20juta,berikan arti,”ah,ongkos belajar bisnis resto saya 20juta nih.Belajar lagi!” Demikian seterusnya ketika anda gagal misal dalam menembak seorang yang anda sukai,berikan arti berbeda,seperti “ah,buat ngelatih keberanian nih,kurang semangat!” hehehe..
Dengan memberi arti berbeda,maka gagal dalam arti negatif,akan ternetralisis dan berubah menjadi kekuatan untuk terus berkembang.

2.Tanya pada diri sendiri
Kebanyakan orang bertanya bagaimana solusi memcahkan masalah pada orang lain,sedangkan mereka jarang sekali untuk bertanya pada diri sendiri.Mulai sekarang ketika Anda gagal, cobalah untuk bertanya pada diri sendiri:
-Apa pelajaran yang saya dapat pada kegagalan ini?
-Apa sisi positif yang saya dapat dalam kegagalan ini?
-Apa yang saya bisa lakukan,agar meminimalisir kegagalan,dan menciptakan keberhasilan?

Dengan Anda bertanya pada diri sendiri,Anda akan semakin menghargai diri anda dan dengan sekuat tenaga mengambil langkah tepat untuk keluar dari kegagaln tsb.

3.Terus Mencoba
Dari 10 kegagalan,akan menciptakan 1 keberhasilan.Bisa lebih cepat,bisa lebih lama.Karena itu,Anggap lah kegagalan itu merupakan tahap menuju kesuksesan.Semakin sering Anda mencoba dan mencoba,semakin cepat Anda menuju keberhasilan.Tapi,jika bidang yang Anda pilih memang kurang menguntungkan,ada baiknya kegagaln tersebut merupakan pertanda Anda harus pindah ke bidang lain.

Coba dan buktikan :
Mengubah Kegagalan Menjadi Kekuatan

Saya juga mencoba kiat di atas dan terbukti sangat berhasil,baik dalam keberhasilan,juga dalam mengendalikan emosi kita.Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. wah, saya sangat setuju dengan anda. Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah kekuatan kita jika kita kelola dengan baik. Bertanyalah apa hikmah dari kegagalan tersebut bukan penyebab gagalnya.

    Tapi pada kenyataannya, banyak yang gagal justru karena takut gagal sehingga banyak yang enggan melakukan sesuatu yang sebenarnya akan mensukseskannya.

    Marilah kita bersama-sama untuk menjadi pribadi yang berani menghadapi kegagalan karena kegagalan adalah pelajaran berharga bagi kita untuk membenahi diri dan untuk menjadi pribadi yang lebih maju.

    Tetap Semangat!
    I Putu Hedi Sasrawan | motivator, writer, student

    BalasHapus
  2. Benar sekali, sangat setuju sama artikel yang dipublish di atas.
    saya selalu berusaha walaupun kegalalan itu hadir dalam kehidupan saya,hehe

    BalasHapus