Senin, 22 April 2013

Marketing terkait Otak kanan

Setelah sekian lama saya vakum karena tuntutan pekerjaan dan sebagainya, akhirnya saya kembali menyapa teman-teman yang telah setia datang pada blog saya

Marketing terkait otak kanan?

Kali ini saya akan sedikit sharing pengalaman saya marketing terkait otak kanan yang pernah bekerja sebagai seorang Campus Representative dan kemudian dipromosikan menjadi staff marketing.

Hal yang paling berkesan ketika saya bekerja dan saya dapat adalah, bahwa pekerjaan Marketing adalah salah satu pekerjaan tertua di dunia, yang sangat menuntut kreativitas khususnya otak kanan.

Luar biasanya euforia Marketing dan Retail sekarang malahan telah membuat jurusan di sebuah universitas di bilangan Ancol, Jakarta utara yang meluncurkan program studi untuk s1, yaitu School Of Marketing dan School of Retail yang bekerja sama dengan Handi Irawan, Founder Frontier Consulting Group .

Pekerjaan Marketing, adalah salah satu pekerjaan yang sangat menuntut otak kanan; bagaimana cara mempresentasikan produk/ jasa, bagaimana mengambil hati konsumen, bagaimana memikirkan langkah kedepan, hingga bagaimana caranya untuk maju dan leading ke depan.

Ketika saya bekerja sebagai Campus Representative, kemudian dipromosikan dalam waktu yang cepat menjadi seorrang staff, saya menyadari hiruk pikuk persaingan sebuah dunia Pemasaran dan bagaimana otak kanan memainkan peranan penting. Hal yang dapat membuat team kita maju menggunakan otak kanan adalah;

-Team Work 
-Service, hospitality
-Desire (keinginan yang kuat)
-Competition on your group ( tantangan dalam tim)

Team Work sangat penting dalam memaksimalkan penjualan anda. Team yang hebat skill individu, tanpa didasari kerja sama yang baik tidak akan mampu memberikan yang terbaik. Untuk itu, mengetahui kemampuan antar anggota sangat diperlukan untuk saling melengkapi kemampuan yang ada

Service, hospitality merupakan salah satu elemen yang luar biasa kuat untuk meningkatkan kinerja dan kepercayaan masyarakat dan calon klien kepada kita. Manakala ketika perusahaan yang besar tidak mampu memberikan pelayanan yang tidak memuaskan, sebagai perusahaan pesaing kita dapat menambahkan pelayanan, senyum, keramah tamahan kita sebagai salah satu added Value.

Terakhir keingingan yang kuat dapat digabungkan dengan semangat untuk mencapai yang terbaik untuk perusahaan dan tim. Memberikan tantangan dan persaingan antar tim dapat membuat penjualan melonjak. Memberikan reward kepada tim yang mampu memberikan penualan terbanyak pastinya akan memberikan rasa bangga dan adanya rasa dihargai,

Satu lagi yang bisa kita dapatkan, bahwa kita tidak boleh melakukan penundaan. Penundaan dalam penjualan. Ketika anda bisa melakukan closing pada saat itu juga, maka lakukanlah dengan cara terbaik yang bisa anda lakukan. Gunakan otak kanan anda, perasaan anda, intuisi dan feeling anda untuk meyakinkan konsumen.Karena ketika anda menunda, artinya anda memberikan 1x24 jam atau lebih kepada calon konsumen anda untuk berubah pikiran.Marketing selalu terkait otak kanan.

Semua berdasarkan pengalaman saya ketika saya bekerja selama kurang lebih 2 tahun hingga sekarang, saya mampu melakukan penjualan yang banyak karena hal tersebut, mampu memberikan yang terbaik karena pengalaman, dan pengalaman saya , saya berikan epada anda sebagai salah satu bahan sharing yang mungkin  berguna bagi sebagian orang. 

Salam Mantap!

Reaksi:

2 komentar:

  1. Salam damai,
    Lihat profil profesional saya dan terhubung dengan saya di LinkedIn. http://lnkd.in/hfXC5x

    tidak kenal maka tidak sayang.,.,.,!!!!!
    http://tokopranata.blogspot.com/
    http://wongsemar.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Artikelnya begitu bermanfaat
    terimakasih

    BalasHapus